Minggu , 24 Februari 2019
Berita Pramuka

Pramuka Garuda Mahir dalam Hasta Karya

FOKUS: Peserta Diklat serius ditengan pembuatan hasta kary

SAKTI NEWS – Sebelum berakhirnya giat Diklat Pramuka Garuda yang digelar oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor sejak 3 Agustus lalu, seluruh peserta Diklat telah mengikuti berbagai kegiatan tahapan kegiatan mulai dari pemantapan keilmuan materi hingga praktek.

Hari ke tiga (hari terakhir), seluruh peserta Diklat terlihat mengawali kegiatannya membuat hasta  karya yang bertujuan untuk melatih para peserta didik lebih kreatif dan melatih daya inisiatif yang tinggi dalam membuat suatu kerajinan yang menarik. Minggu, (04/08).
Adapun hasta karya yang dibuat pertama harus mempunyai nilai jual yang tinggi kemudian punya nilai guna selain itu juga mereka membuat hasta karya dari daur ulang sampah.
Peserta Diklat harus lebih kreatif karena mereka adalah contoh pramuka golongan Penggalang Garuda yang dituntut memiliki kecakapan keterampilan harus lebih keretaif dan inisiatif agar suatu saat nanti dapat bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun ditengah-tengah masyarakat di masa yang akan datang.
Saat diwawancara Sakti News, Rita selaku instruktur pelatih Diklat Mengatakan bahwa hasil karya mereka haru memiliki nilai jual.
“Seluruh peserta di tuntut membuat salah satubhasta karya yang memiliki nilai jual bagi kebutuhan masyarakat contohnya dalam membuat  suatu alat perkakas dapur kemudian ada juga alat alat rumah tangga lainnya,” jelasnya.
Material yang digunakan sangat beragam masih kata Rita, mulai dari daur ulang sampah misalkan, mungkin bisa diliat disini ada berbagai macam hasil karya mereka dari mulai membuat bingkaki foto,  membuat tempat pensil kemudian tempat tisu dan barang-barang lain.
“Material yang digunakan dalam membuat hasta karya sangat beragam, tapi tang tidak kalah penting adalah bahan daur ulang, hal tersebut dilakukan bahwa bahan bekas juga akan memiliki nilai jual tinggi jika kita dapat mengolahnya dengan baik.” Pungkasnya.
Laporan: Ahmad Ridwa (Kominfo Kwarcab Kabupaten Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *