Minggu , 24 Februari 2019
Berita Pramuka

Kwarran Caringin Perkenalkan Pramuka Prasiaga Ke Guru Paud

SAKTI NEWS – Puluhan guru PAUD Se-Caringin Ikuti  Gelang Ajar PAUD Pengenalan Pramuka Prasiaga Anak PAUD yang digelar di gedung cabang PGRI Kecamatan Caringin. Kamis,  (05/7).

Pengenalan Pramuka Prasiaga tersebut merupakan kali pertama digelar, Kegiatan pengenalan ini masih dalam tahap sosialisasi terhadap guru-guru PAUD.

Ketua Kwarran Pramuka Caringin, Endang Mahfudin mengatakan Pengenalan Pramuka Prasiaga ini atas dasar permohonan dari KKG PAUD dan Bekerjasma dengab Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Caringin.

“Kegiatan ini diprakarsai oleh KKG PAUD dan PLS Caringin dalam rangka memperkenalkan Pramuka Prasiaga terhadap guru-guru PAUD untuk memberikan sosialisasi dan pengenalan pramuka prasiaga yang disebut karang pamitran atau juga ajang ajar, teori dan praktek telah disampaikan oleh pengurus dari kwarcab Kabupaten Bogor,” Ucapnya.

Masih kata endang di kecamatan caringin pengenalan pramuka prasiaga merupakan kali pertama disosialisasikan terhadap guru PAUD.

“Menjadi motivasi bagi kami Kwarran Caringin untuk menyebarluaskan pramuka Prasiaga ini kepada guru-guru PAUD yang belum mengikutinya,” ujarnya.

Sementara Solihat sebagai narasumber ia jelaskan posisi narasumber bukan sebagai penyaji atau pengajar kursus, melainkan pada Gelang Ajar ini seperti lingkaran yaitu menciptakan suasana interaktif antara narasumber dengan peserta begitu pula peserta dengan peserta saling berkomunikasi dan berbagi informasi.

“Yang kita harapkan peserta mengetahui tanda pengenal, sistim terhadap orang dewasa dan cara membina ditingkat siaga,” tuturnya.

Soliaht menuturkan materi yang disampaikan terhadap peserta yaitu pengenalan pramuka siaga, dikarenakan dikwarnas belum ada pramuka prasiaga. Pramuka prasiaga baru ada di Dikmas provinsi Jawa Barat,  di Jawa Baratpun belum menyeluruh hanya baru ada di kabupaten Bogor, Ciamis dan Cianjur.

“Pramuka prasiaga dikwarnas ada dibawah saka widya budaya bakti. Usia anak siaga itu sendiri diterapkan pada anak usia 7 s.d 10 tahun sedangkan pramuka prasiaga sebatas tahap persiapan sehingga programnya masih pada siaga mula.” tutur Solihat alumni siswa SMP 1 Caringin.

Ketua KKG PAUD Caringin Tuti Kusmiatun menambahkan Kegiatan ini untuk meningkatkan mutu dan memberikan wawasan kepada guru PAUD tentang kepramukaan.

“diharapkan setelah mengikuti sosialisasi dan pengenalan kedepannya guru-guru PAUD yang ada diwilayah Caringin dapat menerapkan disekolahnya masing-masing dan lebih cinta lagi terhadap pramuka.” pungkas Tuti kepada media ini.

Laporan :
FAUZI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *