Minggu , 24 Februari 2019
Berita Pramuka

Ka Kwarcab dan KCD Wilayah I Resmikan Kemah Blok di SMAN 4 Cibinong

SAKTI NEWS – Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Bersifat wajib, setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum.

Seperti yang terlihat di lingkungan SMA Negeri 4 Cibinong, ratusan siswa anyar pada pelaksanaan masa pengenalan sekolah (MPLS) tengah mengikuti giat kepramukaan. Kamis 19/7

Turut hadir sebagai pembina Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ka Didi Kurnia didampingi pengurus Kwarran Kecamatan Cibinong Ka Cucu Wowor, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ka Asep Sudasono.

Ka Kwarcab bertindak sebagai pembina upacara dalam membuka kegiatan tersebut, dirinya mengajak agar para siswa sebagai anggota Pramuka mampu mengamalkan nilai-nilai kepramukaan dalam aktivitas sehari-hari, baik di sekolah maupun di masyarakat.

“Jadilah Pramuka yang mampu mengamalkan nilai-nilai kepramukaan dalam aktivitas sehari-hari, baik di sekolah maupun di masyarakat,” ucapnya.

Kepala Sekolah sekaligus Ketua Mabigus Ka Hj.Elis Nurhayati dalam sambutannya mengatakan bahwa Model pelaksanaan ekstrakurikuler wajib kepramukaan dalam kurikulum 2013. Seiring dengan diberlakukannya kurikulum 2013, kepramukaan (latihan pramuka) ditetapkan menjadi ekstrakurikuler wajib di tingkat Sekolah Dasar (SD/MI), SMP dan MTs, serta SMA, MA, dan SMK. Sebagai ekstrakurikuler wajib, kepramukaan harus diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut.

“berkenaan dengan model pelaksanaan ekstrakurikuler wajib kepramukaan dalam kurikulum 2013, dengan ini saya sampaikan kepada seluruh siswa agar dapat mengikuti jadwal giat dimaksud dengan penuh tanggungjawab dan disiplin,” ungkapnya.

Hal senada disampaikna KCD bahwa giat pramuka merupakan salah satu penunjang kelulusan siswa, oleh karena itu dirinya mengajak kepada seluruh siswa SMAN 4 Cibinong untuk aktif dan mengikuti kegiatan dimaksud dengan rutin sesuai aturan yang diberlakukan oleh pemerintah dan pihak sekolah.

“seluruh siswa wajib mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler pramuka, karena ekskul ini adalah penunjang kelulusan.” Ungkapnya.

Penetapan kepramukaan sebagai ekstrakulrikuler wajib di tingkat Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kegiatan upacara pembukaan Kemah Blok diakhiri dengan penyematan penghargaan kepada para penggalang dan pemukulan Gong oleh Ka Kwarcab Kabupaten Bogor pertanda telah diresmikannya kegiatan tersebut oleh seluruh siswa baru SMAN 4 Cibinong.

Laporan:
YAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *